Konsumsi Buah utk Kesehatan

Published on by Hari Yanto

Service Office Jakarta - Buah adalah salah satu menu makanan yg menunjang kesehatan kita. Konsumsi buah telah diketahui banyak org sebagai pelengkap agar memenuhi menu makanan sehat lantaran buah mempunyai nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh. Buah sangat berguna bagi tubuh dan adalah bagian yg gak terpisahkan agar kita dapat selalu sehat & bugar. Buah juga dijadikan menu wajib untuk makanan Kamu sehari-hari. Oleh karna itu, kami perlu tahu apa saja manfaat buah? Serta kandungan apa saja yg terkandung dalam buah untuk kesehatan badan kita?

Beberapa kandungan buah yg utama adalah air, vitamin, mineral, serat, antioksidan dan karbohidrat. Berikut ini akn dibahas apa saja yg terkandung dalam buah sehingga mendatangkan manfaat bagi badan kita:

Air

Jadi bila kami kurang mengkonsumsi air 2 liter dalam 1 hari, kebutuhan air ini masih bisa terpenuhi dgn mengkonsumsi buah.

Vitamin & mineral

Sebagian besar buah mengandung vitamin yg bermanfaat seperti vitamin C & E. Sedangkan mineral yg ada dalam buah contohnya kalsium, zink maupun mangaan. Vitamin dan mineral ialah zat yg membantu metabolisme kerja sel dalam tubuh. Kekurangan vitamin serta minerla menyebabkan metabolisme ngga berjalan dengan baik sehingga dpt mengganggu kesehatan atau kesegaran tubuh.

Serat

Tubuh membutuhkan serat karna serat berguna dalam proses pencernaan. Dengan adanya serat maka proses penyerapan gula dan lemak yang tidak bagus dlm saluran cerna dapat dihambat.

Antioksidan

Adalah zat yg menangkal radikal bebas yang masuk dlm tubuh. Radikal bebas adalah zat yang terdapat dlm polusi, aktivitas yang berlebihan, asap rokok & kendaraan. Bila radikal bebas bertemu dgn kolesterol yang ada dalam badan makan akn membentuk bisul dlm badan sehingga bisa merusak sel endotel dlm pembuluh darah. Akibatnya, kolesterol akn tidak sulit melekat dlm pembuluh darah.

Karbohidrat

Karbohidrat digunakan sebagai sumber tenaga agar badan dapat melakukan aktivitas. Walaupun gak banyak, tetapi buah mempunyai karbohidrat kompleks yang terdiri dari glukosa & fruktosa, dimana fruktosa yang masuk tdk membutuhkan hormon insulin untuk mengolahnya sehingga tidak membebani kerja pankreas, yg bila rusak dpt menyebabkan penyakit diabetes. Hal yang sangat berbeda bila kami mengkonsumsi gula.

Agar menerima hasil yg maksimal, maka dianjurkan agar mengkonsumsi Sepuluh porsi buah dengan 10 warna yang berbeda setiap hari. Jenis buah dengan warna berbeda misalnya: pisang, nanas, mangga, apel, jeruk, sawo, duku. Satu porsi satu buah utuh, bukan hanya potongan seperti rujak. Umumnya warna buah yg berbeda mengandung zat yang berbeda sehingga bisa saling melengkapi untuk memenuhi zat yg diperlukan oleh tubuh.

Dalam memilih buah sebaiknya dipilih yg warnanya mengkilap. Buah dengan warna terang atau mengkilap mengandung lebih banyak phytachemicals yang berarti lebih banyak kandungan antioksidan, lebih banyak mengandung vitamin & mineral dibandingkan dgn buah yang kulitnya kusam.

Anjuran Food and Agriculture Organization (FAO) atau organisasi pangan PBB, dalam mengkonsumsi buah merupakan 65,75 kg per kapita / tahun agar dapat tetap sehat. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan buah dlm menu makanan Anda hari ini.

To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post